STORY BOARD DAN FLOWCHART MEDIA PEMBELAJARAN PPT
INTERAKTIF
Dosen: Ida Ermiana, M. Pd dan M. Archi Maulyda, M. Pd
Oleh:
Fuan Maharani
E1E019125
5D PGSD
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
November, 2021
|
No |
Keterangan |
Visual |
Audio |
||||||||||||||||||||||||
|
1 |
Pertama kali membuka program ini akan menampilkan scene
1 dalam waktu 5 detik, kemudian akan menuju ke scene ke 2
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
2 |
Setelah scene pertama opening selesai. Pada scene kedua ini akan menampilkan judul, yaitu tema, subtema, pembelajaran dan muatan pelajaran serta kelas.
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
3 |
Pada scene ke-3 ini akan menampilkan tombol petunjuk
muatan pelajaran yang akan dipelajari, diantaranya Matematika, PPKn, dan SBdP. Scene ini akan tampil ketika
siswa klik tombol “Mulai”
Ketika siswa klik tombol Matematika maka akan tampil menu dari muatan matematika yang akan
dipelajari, begitupun dengan mata pelajaran yang lainnya. Menu muatan
pelajaran ini masing-masing terdapat pada scene 5, 6, dan 7. Ketika siswa klik tombol petunjuk maka
siswa akan dilaihkan pada scene 4. |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
4 |
Scene ini akan tampil ketika siswa mengklik tombol
petunjuk cara mengoprasikan program pada scene 3.
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
5 |
Ketika siswa klik tombol
matematika pada scene 3, maka scene 5 akan muncul dan menampilkan 4 menu
pilihan untuk mata pelajaran Matematika, diantaranya: -
KD/Indikator pembelajaran matematika -
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai -
Materi matematika mengenai bangun datar, meliputi pengertian segi banyak,
jenis-jenis segi banyak, rumus keliling dan luas serta contoh soal. -
Quiz sebagai tes
Ketika siswa klik tombol Back To home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
6 |
Ketika siswa klik tombol
PPKn pada scene 3, maka scene 6 akan muncul dan menampilkan 4 menu
pilihan untuk mata pelajaran PPKn, diantaranya: -
KD/Indikator pembelajaran PPKn -
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai -
Materi PPKN mengenai “Keberagaman” meliputi, teks bacaan, mengamati
gambar, dan video keberagaman -
Quiz sebagai tes evaluasi
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( Ketika siswa klik tombol Exit, siswa akan dilaihkan pada scene 20. |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
7 |
Ketika siswa klik tombol
SBdP pada scene 3, maka scene 7 akan muncul dan menampilkan 4 menu
pilihan untuk mata pelajaran SBdP, diantaranya: -
KD/Indikator pembelajaran PPKn -
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai -
Materi video 1 tentang cara membuat tangram dan video 2 langkah-langkah
tarian Bungong Jeumpa
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( Ketika siswa klik tombol Exit, siswa akan dilaihkan pada scene 20. |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
8 |
Ketika siswa klik tombol KD/Indikator untuk menu mata
pelajaran matematika pada scene 5, maka siswa akan diarahkan ke scene 8,
yaitu KD dan indikator pelajaran.
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
9 |
Ketika siswa klik tombol KD/Indikator untuk menu mata pelajaran PPKn pada scene 6, maka
siswa akan diarahkan ke scene 9, yaitu KD dan indikator pelajaran.
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
10 |
Ketika siswa klik tombol KD/Indikator untuk menu mata pelajaran SBdP pada scene 7, maka
siswa akan diarahkan ke scene 10, yaitu KD dan indikator pelajaran.
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
11 |
Ketika siswa klik tombol Tujuan untuk menu mata pelajaran Matematika pada scene 5, maka
siswa akan diarahkan ke scene 11, yaitu tujuan pelajaran matematika yang akan
dicapai.
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
12 |
Ketika siswa klik tombol Tujuan untuk menu mata pelajaran PPKn pada scene 6, maka siswa
akan diarahkan ke scene 12, yaitu tujuan pelajaran PPKn yang akan dicapai.
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
13 |
Ketika siswa klik tombol Tujuan untuk menu mata pelajaran SBdP pada scene 7, maka siswa
akan diarahkan ke scene 13, yaitu tujuan pelajaran SBdP yang akan dicapai.
Ketika siswa klik tombol Back To Home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
14 |
Ketika siswa klik tombol
materi pada scene 5, maka akan muncul scene 14 tentang materi bangun
datar, meliputi bangun datar beraturan, bangun data tidak beraturan dan yang
tidak termasuk bangun datar. Selain itu, contoh soal untuk menghitung
keliling dan luas bangun persegi dan persegi panjang.
Tombol back to Home ( |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
15 |
Scene 15 berisikan quiz yang akan dikerjakan oleh
masing-masing siswa. Quiz terdiri dari 5 soal dalam bentuk pililhan ganda.
Scene 15 akan muncul apabila siswa klik tombol Quiz pada scene 5. Siswa akan
memilih jawaban mana yang menurut siswa benar. Jika pilihan jawaban siswa
salah, maka akan muncul emot sedih dan jika pilihan jawaban siswa benar maka
akan muncul emot gembira.
Setelah siswa selesai mengerjakan soal nomor 1, maka
siswa dapat klik tombol Next ( Jika siswa klik tombol Back To Home (
|
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
16 |
Ketika siswa klik tombol materi pada scene 6, maka akan
muncul scene 16 tentang materi Keberagaman, meliputi teks bacaan tentang
keberagaman, mengamati gambar keberagaman budaya, sosial, adat istiadat dan
mengamti video.
Tombol back to
home digunakan ketika siswa ingin kembali pada menu muatan pelajaran pada
scene 3. Sedangkan tombol next digunakan ketika siswa ingin membaca lebih
lanjut materi keberagaman dan tombol back digunakan ketika siswa ingin
kembali ke halaman sebelumnya. Sedangkan Tombol klik digunakan siswa untuk
menganti gambar yang akan diamati oleh siswa dan tombol exit untuk keluar
dari program (scene 20) |
|
|||||||||||||||||||||||||
|
17 |
Scene 17 berisikan quiz mata pelajaran PPKn yang akan
dikerjakan oleh masing-masing siswa. Quiz terdiri dari 10 soal dalam bentuk
pililhan ganda. Scene 17 akan muncul apabila siswa klik tombol Quiz pada
scene 6. Siswa akan memilih jawaban mana yang menurut siswa benar. Jika
pilihan jawaban siswa salah, maka akan muncul emot sedih dan jika pilihan
jawaban siswa benar maka akan muncul emot gembira.
Setelah siswa selesai mengerjakan soal nomor 1, maka
siswa dapat klik tombol Next ( Jika siswa klik tombol Back To Home maka siswa akan
diarahkan ke scene 3 pada menu muatan pelajaran |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
18 |
Ketika siswa klik tombol video 1 pada scene 7, maka
akan muncul scene 18, yaitu video cara membuat tangram.
Ketika siswa
klik tombol Back To Home ( Ketika siswa klik tombol Exit, siswa akan dilaihkan pada scene 20. |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
19 |
Ketika siswa klik tombol video 1 pada scene 7, maka
akan muncul scene 19, yaitu tari bungong jeumpa secara berdiri
Ketika siswa
klik tombol Back To Home ( Ketika siswa klik tombol Exit, siswa akan dilaihkan pada scene 20. |
|
|
||||||||||||||||||||||||
|
20 |
Scene ini akan muncul ketika siswa klik tombol Exit
pada scene 4 sampai scene 20 Pada scene ini akan memberi dua pilihan kepada siswa
yaitu: pilihan IYA dan TIDAK Ketika siswa mengklik tombol IYA, maka program pembelajaran akan keluar Sebaliknya jika siswa mengklik tombol TIDAK, maka akan kembali pada HOME, yaitu scene 2 |
|
|
FLOWCHART
Link download PPT Interaktif : https://drive.google.com/file/d/13fQfGSp7TRKNSYyvtuO2mYRHN8DFau1x/view?usp=sharing
Link download file PDF Story Board dan Flowchart
https://drive.google.com/file/d/1Rtsuu_6EubRxRprjaRFnER6O39efFzTT/view?usp=sharing







Tidak ada komentar:
Posting Komentar