Blog ini berisikan tugas mata kuliah media pembeljaran, mengenai media visual, media publisher, media audio visual dan media PPT interaktif.

SINOPSIS, SKENARIO DAN NASKAH MEDIA AUDIO VISUAL-KELAS 1, TEMA 7, SUBTEMA 1, PEMBELAJARAN 1

 

     TUGAS SINOPSIS, SKENARIO DAN NASKAH MEDIA AUDIO VISUAL

“KELAS 1, TEMA 7, SUBTEMA 1, PEMBELAJARAN 1”

Dosen: Ida Ermiana, M. Pd dan M. Archi Maulyda, M. Pd




Oleh:

Fuan Maharani

E1E019125

5D PGSD

 

 

 

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MATARAM

November, 2021

 

 

Sinopsois, Skenario, Naskah

Kelas               : 1

Tema               : 7 Benda, henwa dan tanaman disekitarku

Subtema          : 1 Benda hidup dan tak hidup disekitarku

Pembelajaran   : 1

Kompetensi Dasar:

Bahasa Indonesia

3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi

lingkungan

4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana

SBdP

3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu

4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu

PKn

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila

Sinopsos: Materi pembelajaran mengenai ragam jenis benda, yang terbagi menjadi dua, yakni benda hidup dan benda tak hidup. Setiap jenis mempunyai klasifikasinya masing-masing. Siswa akan bernyanyi, mempelajari benda hidup dan tak hidup, mengenal dan mendeklamasikan bunyi sila ke-4 pancasila.

 

SKENARIO

 

Eks . Di luar ruangan

Cast: presenter

Presenter : Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi siswa-siswi kelas satu. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat iya!

Cut to

Eks. Di luar ruangan

Cast : presenter

Presenter : Pada kesempatakan kali ini, kita akan belajar tema 7 benda, hewan, dan tanaman di sekitarku. Subtema 1 benda hidup dan tak hidup disekitarku, pembelajaran 1. Pada pembelajaran ini, kita akan mempelajari muatan pelajaran Bahasa Indonesia, SBdP, dan PPKn.

Cut to

Eks. Di luar ruangan

Cast: presenter

Presenter : apakah kalian tau apa saja jenis-jenis benda hidup dan tak hidup? Benda hidup dan tak hidup sering kalian jumpai saat berada di rumah, sekolah bahkan saat bermain. Yuk bersama-sama kita simak video Tini dan Lani berikut!

Cut to

Int. Di dalam animasi

Cast : animasi Tini dan Lani

Tini dan Lani sedang berada di depan rumah. Tini berpikir akan melakukan apa hari ini.

            Tini : Hari ini ayah pergi bekerja, ibu pergi ke pasar. Apa yang harus kita lakukan kak?

Lani : Tini hari ini kita akan menyiram bunga, kemudian memberi makan kucing. Tapi sebaiknya kita sarapan terlebih dahulu iya supaya kita memiliki tenaga untuk beraktivitas.

            Tini : loh, bukannya kemarin kita sudah menyiram bunga dan memberi makan kucing ?

Lani : Tini tanaman dan kucing makhluk hidup yang sama seperti kita. Mereka juga butuh makan dan minum setiap hari agar tetap hidup, mereka beraktivitas, bernafas, tumbuh dan berkembang.

Tini: apakah aku bisa memberi makan boneka ku supaya bisa menjadi lebih besar juga?

Lani : tidak bisa Tini. Boneka itu adalah benda tak hidup.  Mereka tidak bisa makan, tidak bisa bergerak, apalagi tumbuh menjadi lebih besar. Yang bisa makan, minum, bertambah besar itu adalah benda hidup seperti kita, kucing, kelinci, dan tanaman.

Cut to

Eks. Di luar ruangan

Cast : presenter

Presenter:   Dari Tini dan Lani kita simpulkan bahwa Benda terdiri dari dua jenis, yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan yang merupakan benda ciptaan tuhan. Ciri-ciri benda hidup dapat bergerak, bernafas, membutuhkan makanan, berkembang biak, tumbuh dan berkembang.  Contoh benda hidup adalah kita sendiri sebagai manusia, kucing sebagai hewan dan berbagai jenis tumbuhan. Sedangkan benda tak hidup adalah benda yang tidak memiliki ciri-ciri kehidupan. Benda tak hidup dibuat oleh manusia. Ciri-ciri benda tak hidup, yaitu tidak bisa bergerak, tidak bernafas, tidak makan, tidak tumbuh dan berkembang. Contoh benda tak hidup, yakni kursi, batu, tas, sepeda, buku, meja, dan lain-lain. Kita selalu memanfaatkan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih semangat untuk belajar yuk kita bernyanyi “Topi Saya Bundar” Bersama Tini dan Lani”

Cut to

Int. Di dalam animasi

Cast. Animasi Tini dan Lani

Tini dan Lani : yuk kita nyanyi bersama-sama iya. “Topi saya bundar. Bundar topi saya. Kalau tidak bundar. Bukan topi saya”

Cut to

 

 

 

Eks. Di luar ruangan

Cast : presenter

            Presenter : masih semangat kan untuk belajar? Selanjutnya kita akan belajar mengenal bunyi dan lambang pada garuda pancasila. Garuda pancasila itu, terdiri dari beberapa bagian. Ada kepalanya yang menoleh ke kanan. Lalu ada bagian leher dan sayap, kemudian ada perisai dibadannya. Selain itu, ada juga bagian paha serta kaki yang mencengkram pita. Terakhir ada bagian ekornya. Warna emas pada garuda pancasila bermakna kejayaan. Kalian tahu tidak, jumlah bulu pada sayap, ekor dan leher garuda itu pancasila  melambangkan hari kemerdekaan bangsa indonesia, yaitu 17 agustus 1945.

            Presenter: apakah kalian tahu arti kata pancasila? Panca artinya lima, sila artinya dasar. Jadi, pancasila artinya lima dasar negara indonesia. Pancasila memiliki 5 simbol, yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Gambar kepala banteng adalah simbol sila ke-4 yang berbunyi, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Gambar banteng merupakan benda tak hidup, karena gambar banteng adalah buatan manusia. Selain itu, gambar tidak bisa bergerak, tidak bisa bernafas dan tidak membutuhkan makanan. Sedangkan hewan banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan. Oleh karena itu, banteng termasuk salah satu contoh benda hidup, karena banteng dapat bergerak, bernafas, membutuhkan makanan, bertumbuh dan berkembang.

Cut to

Presenter: Apakah kalian sudah mengerti perbedaan benda hidup dan tak hidup? Setelah menyaksikan video ini, amatilah benda hidup dan benda tak hidup yang ada di lingkungan sekolah, kemudian tuliskan pada buku tugas. Wassalamualaikum Wr. Wb


 

NASKAH

FADE IN

Scene 1: (Menampilkan wajah Presenter)//15 detik

Cast: presenter

Presenter mengucapkan salam pembuka, dan menanyakan kabar.

Camera: camera zoom wajah presenter

Cut to

Scene 2 (menampilkan wajah presenter dan menampilkan KI dan KD)// 20 detik

Cast : presenter

Presenter memberitahukan tema, subtema, pembelajaran, Kd, dan muatan pelajaran yang akan dipelajari

Camera: camera out zoom wajah presenter

Cut to

Scene 3 : (menampilkan wajah presenter)//10 detik

Cast : presenter

Presenter memberikan stimulus kepada siswa dengan bertanya terkait materi yang akan dibahas.

Cut to

Scene 4: (menampilkan animasi Tini dan Lani)//90 detik

Cast : animasi Tini dan Lani

Tini dan Lani mengobrol terkait aktivitas yang akan dilakukan. Pada pokok pembicaraan Tini dan Lani akan membahas perbedaan benda hidup dan tak hidup berdasarkan aktivitas yang akan mereka lakukan

Cut to

Scene 5 : (menampilkan wajah presenter dan gambar-gambar)//40 detik

Cast: presenter

Presenter akan menarik kesimpulan berdasarkan percakapan yang dilakukan oleh Tini dan Lani terkait perbedaan benda hidup dan benda tak hidup serta memberikan contoh-contohnya. Selain itu presenter mengajak siswa untuk ikut bernyanyi “Topi saya bundar” bersama Tini dan Lani agar membangkitanya semangat siswa belajar

Cut to

Scene 6: (menampilkan animasi Tini dan Lani serta instrumen beserta lirik lagu)//50 detik

Cast : Animasi Tini dan Lani

Tini dan Lani akan bernyanyi lagu topi saya bundar yang diiringi dengan instrumen lagu.

Cut to

Scene 7 : (menampilkan wajah presenter dan gambar-gambar lambang pancasila)//90 detik

Cast : presenter

Presenter memberikan stimulus supaya siswa lebih semangat untuk belajar. Presenter menjelaskan bagian-bagian dari garuda pancasila, arti kata pancasila, dan makna dari jumlah bulu burung garuda pancasila. Selain itu, presenter menunjukkan lambang-lambang yang ada pada perisai garuda pancasila. Materi akan difokuskan pada sila ke-4 pancasila kemudian mengaitkannya dengan materi sebelumnya, yaitu mana yang termasuk benda hidup dan benda tak hidup.

Cut to

Scene 8 (menampilkan wajah presenter)/10 detik

Cast: Presenter

Presenter menutup dengan bertanya, memberikan tugas dan membri salam

FADE OUT 


Saksikan video media audio visual, dibawah ini!


Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum Wr. Wb
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Fuan Maharani, lahir pada tanggal 17 agustus 2000. saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Mataram. saya sangat suka berorgnisasi dan melakukan traveling.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.