TUGAS SINOPSIS, SKENARIO DAN NASKAH MEDIA AUDIO VISUAL
“KELAS 1, TEMA 7, SUBTEMA 1, PEMBELAJARAN 1”
Dosen: Ida Ermiana, M. Pd dan M. Archi Maulyda, M. Pd
Oleh:
Fuan Maharani
E1E019125
5D PGSD
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
November, 2021
Sinopsois, Skenario, Naskah
Kelas : 1
Tema : 7 Benda, henwa
dan tanaman disekitarku
Subtema : 1 Benda hidup dan
tak hidup disekitarku
Pembelajaran : 1
Kompetensi Dasar:
Bahasa Indonesia
3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/atau eksplorasi
lingkungan
4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan
dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan
sekitar dalam teks tulis sederhana
SBdP
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu
PKn
3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila
Pancasila
Sinopsos: Materi pembelajaran mengenai ragam jenis benda, yang
terbagi menjadi dua, yakni benda hidup dan benda tak hidup. Setiap jenis
mempunyai klasifikasinya masing-masing. Siswa akan bernyanyi, mempelajari benda
hidup dan tak hidup, mengenal dan mendeklamasikan bunyi sila ke-4 pancasila.
SKENARIO
Eks . Di luar ruangan
Cast: presenter
Presenter : Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi
siswa-siswi kelas satu. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam
keadaan sehat iya!
Cut to
Eks. Di luar ruangan
Cast : presenter
Presenter : Pada kesempatakan kali ini, kita akan belajar tema 7 benda,
hewan, dan tanaman di sekitarku. Subtema 1 benda hidup dan tak hidup
disekitarku, pembelajaran 1. Pada pembelajaran ini, kita akan mempelajari
muatan pelajaran Bahasa Indonesia, SBdP, dan PPKn.
Cut to
Eks. Di luar ruangan
Cast: presenter
Presenter : apakah kalian tau apa saja jenis-jenis benda hidup dan tak
hidup? Benda hidup dan tak hidup sering kalian jumpai saat berada di rumah,
sekolah bahkan saat bermain. Yuk bersama-sama kita simak video Tini dan Lani
berikut!
Cut to
Int. Di dalam animasi
Cast : animasi Tini dan Lani
Tini dan Lani sedang berada di depan rumah. Tini berpikir akan melakukan
apa hari ini.
Tini : Hari ini ayah pergi
bekerja, ibu pergi ke pasar. Apa yang harus kita lakukan kak?
Lani : Tini hari ini kita akan
menyiram bunga, kemudian memberi makan kucing. Tapi sebaiknya kita sarapan terlebih
dahulu iya supaya kita memiliki tenaga untuk beraktivitas.
Tini : loh, bukannya
kemarin kita sudah menyiram bunga dan memberi makan kucing ?
Lani : Tini tanaman dan kucing
makhluk hidup yang sama seperti kita. Mereka juga butuh makan dan minum setiap
hari agar tetap hidup, mereka beraktivitas, bernafas, tumbuh dan berkembang.
Tini: apakah aku bisa memberi
makan boneka ku supaya bisa menjadi lebih besar juga?
Lani : tidak bisa Tini. Boneka
itu adalah benda tak hidup. Mereka tidak
bisa makan, tidak bisa bergerak, apalagi tumbuh menjadi lebih besar. Yang bisa
makan, minum, bertambah besar itu adalah benda hidup seperti kita, kucing,
kelinci, dan tanaman.
Cut to
Eks. Di luar ruangan
Cast : presenter
Presenter: Dari Tini dan Lani kita simpulkan bahwa Benda
terdiri dari dua jenis, yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup
terdiri dari manusia, hewan, dan tumbuhan yang merupakan benda ciptaan tuhan.
Ciri-ciri benda hidup dapat bergerak, bernafas, membutuhkan makanan, berkembang
biak, tumbuh dan berkembang. Contoh
benda hidup adalah kita sendiri sebagai manusia, kucing sebagai hewan dan
berbagai jenis tumbuhan. Sedangkan benda tak hidup adalah benda yang tidak
memiliki ciri-ciri kehidupan. Benda tak hidup dibuat oleh manusia. Ciri-ciri
benda tak hidup, yaitu tidak bisa bergerak, tidak bernafas, tidak makan, tidak
tumbuh dan berkembang. Contoh benda tak hidup, yakni kursi, batu, tas, sepeda,
buku, meja, dan lain-lain. Kita selalu memanfaatkan benda-benda tersebut dalam
kehidupan sehari-hari. Agar lebih semangat untuk belajar yuk kita bernyanyi
“Topi Saya Bundar” Bersama Tini dan Lani”
Cut to
Int. Di dalam animasi
Cast. Animasi Tini dan Lani
Tini dan Lani : yuk kita nyanyi
bersama-sama iya. “Topi saya bundar. Bundar topi saya. Kalau tidak bundar.
Bukan topi saya”
Cut to
Eks. Di luar ruangan
Cast : presenter
Presenter : masih semangat
kan untuk belajar? Selanjutnya kita akan belajar mengenal bunyi dan lambang
pada garuda pancasila. Garuda pancasila itu, terdiri dari beberapa bagian. Ada
kepalanya yang menoleh ke kanan. Lalu ada bagian leher dan sayap, kemudian ada
perisai dibadannya. Selain itu, ada juga bagian paha serta kaki yang
mencengkram pita. Terakhir ada bagian ekornya. Warna emas pada garuda pancasila
bermakna kejayaan. Kalian tahu tidak, jumlah bulu pada sayap, ekor dan leher
garuda itu pancasila melambangkan hari
kemerdekaan bangsa indonesia, yaitu 17 agustus 1945.
Presenter: apakah kalian
tahu arti kata pancasila? Panca artinya lima, sila artinya dasar. Jadi,
pancasila artinya lima dasar negara indonesia. Pancasila memiliki 5 simbol,
yaitu bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Gambar
kepala banteng adalah simbol sila ke-4 yang berbunyi, kerakyatan yang dipimpin
oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Gambar banteng
merupakan benda tak hidup, karena gambar banteng adalah buatan manusia. Selain
itu, gambar tidak bisa bergerak, tidak bisa bernafas dan tidak membutuhkan
makanan. Sedangkan hewan banteng merupakan hewan ciptaan Tuhan. Oleh karena
itu, banteng termasuk salah satu contoh benda hidup, karena banteng dapat bergerak,
bernafas, membutuhkan makanan, bertumbuh dan berkembang.
Cut to
Presenter: Apakah kalian sudah mengerti perbedaan benda hidup dan tak hidup? Setelah menyaksikan video ini, amatilah benda hidup dan benda tak hidup yang ada di lingkungan sekolah, kemudian tuliskan pada buku tugas. Wassalamualaikum Wr. Wb
NASKAH
FADE IN
Scene 1: (Menampilkan wajah
Presenter)//15 detik
Cast: presenter
Presenter mengucapkan salam pembuka, dan menanyakan kabar.
Camera: camera zoom wajah presenter
Cut to
Scene 2 (menampilkan wajah
presenter dan menampilkan KI dan KD)// 20 detik
Cast : presenter
Presenter memberitahukan tema, subtema, pembelajaran, Kd, dan muatan
pelajaran yang akan dipelajari
Camera: camera out zoom wajah presenter
Cut to
Scene 3 : (menampilkan wajah
presenter)//10 detik
Cast : presenter
Presenter memberikan stimulus kepada siswa dengan bertanya terkait materi
yang akan dibahas.
Cut to
Scene 4: (menampilkan animasi Tini
dan Lani)//90 detik
Cast : animasi Tini dan Lani
Tini dan Lani mengobrol terkait aktivitas yang akan dilakukan. Pada pokok
pembicaraan Tini dan Lani akan membahas perbedaan benda hidup dan tak hidup
berdasarkan aktivitas yang akan mereka lakukan
Cut to
Scene 5 : (menampilkan wajah
presenter dan gambar-gambar)//40 detik
Cast: presenter
Presenter akan menarik kesimpulan berdasarkan percakapan yang dilakukan
oleh Tini dan Lani terkait perbedaan benda hidup dan benda tak hidup serta
memberikan contoh-contohnya. Selain itu presenter mengajak siswa untuk ikut
bernyanyi “Topi saya bundar” bersama Tini dan Lani agar membangkitanya semangat
siswa belajar
Cut to
Scene 6: (menampilkan animasi
Tini dan Lani serta instrumen beserta lirik lagu)//50 detik
Cast : Animasi Tini dan Lani
Tini dan Lani akan bernyanyi lagu topi saya bundar yang diiringi dengan
instrumen lagu.
Cut to
Scene 7 : (menampilkan wajah
presenter dan gambar-gambar lambang pancasila)//90 detik
Cast : presenter
Presenter memberikan stimulus supaya siswa lebih semangat untuk belajar.
Presenter menjelaskan bagian-bagian dari garuda pancasila, arti kata pancasila,
dan makna dari jumlah bulu burung garuda pancasila. Selain itu, presenter
menunjukkan lambang-lambang yang ada pada perisai garuda pancasila. Materi akan
difokuskan pada sila ke-4 pancasila kemudian mengaitkannya dengan materi
sebelumnya, yaitu mana yang termasuk benda hidup dan benda tak hidup.
Cut to
Scene 8 (menampilkan wajah
presenter)/10 detik
Cast: Presenter
Presenter menutup dengan bertanya, memberikan tugas dan membri salam
FADE OUT
Saksikan video media audio visual, dibawah ini!







Tidak ada komentar:
Posting Komentar