MEDIA VISUAL GAMBAR
Dosen: Ida Ermiana, M. Pd dan M. Archi Maulyda, M. Pd
Oleh:
Fuan Maharani
E1E019125
5D PGSD
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MATARAM
September, 2021
Media merupakan alat bantu yang dapat mempermudah guru maupun siswa dalam proses pembelajaran. Dengan bantuan media pembelajaran akan lebih menyenangkan dan dapat menstimulus daya tarik siswa untuk lebih semangat dalam melaksanakan pembelajaran. Banyak sekali jenis media yang dapat diterapkan guru saat mengajar didalam kelas, diantaranya dapat menggunakan media visual, media audio, audio visual, multimedia dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. berikut contoh media visual gambar yang dapat digunakan guru saat mengajar dikelas:
Kelas : 1---Tema 7: Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Subtema
1:Benda Hidup dan Tak Hidupa di Sekitar Kita
Pembelajaran
3
|
Kompetensi Dasar |
Indikator |
tujuan |
|
3.2 mengenal simbol sila-sila
pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” |
3.2.1 mengenal simbol dan
bunyi sila-sila pancasila |
1. Melalui proses pengamatan
dan membaca peserta didik mampu mengingat simbol dan bunyi sila-sila
pancasila dengan tepat |
|
3.6 menguraikan kosa kata
tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek
(berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau
eksplorasi lingkungan 4.6 menggunakan kosa kata
bahasa indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah
mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis
sederhana |
3.6.1 mengidentifikasi kosa
kata tentang benda hidup dan benda tak hidup dilingkungan sekitar 4.6.1 menyusun kosa kata
berdasarkan gambar tentang lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat |
2. Melalui diskusi kelas
peserta didik mempu mengidentifikasi kosa kata tentang benda hidup dan tak
hidup di lingkungan sekitar dengan tepat 3. Melalui praktik peserta
didik mampu menyusun kosa kata tentang lingkungan sekitar dengan tepat |
|
3.2 menjelaskan bilangan
sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya 4.2 menuliskan lambang
bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek
dengan ide nilai tempat |
3.2.1 mengenal nama dan
lambang bilangan dua angka 3.2.2 menyusun nama bilangan
dua angka
|
4. Melalui proses mengamati
peserta didik dapat mengenal nama dan lambang bilangan dua angka dengan tepat 5. Melalui praktik peserta
didik dapat menyusun nama bilangan dua angka dengan percaya diri |
|
Alat |
Bahan |
Foto |
|
Penggaris Cutter Gunting Lem Spidol Lakban Double tip Paku payung Pensil |
Kardus Kertas Manila Gambar
|
|
|
Langkah-langkah |
Foto |
|
Siapkan alat dan bahan yang
dibutuhkan |
|
|
Gunting kardus. Menjadi: - 4 bentuk persegi panjang (sebagai dasar media) - Potongan kecil berbebentuk persegi dan persegi panjang
untuk menempelkan gambar § 10 untuk angka § 10 untuk gambar § 4 untuk tanda § 18 untuk nama bilangan - Potongan sebagai wadah |
|
|
|
|
|
Lapis semua kardus yang sudah dipotong menggunakan kertas manila supaya terlihat lebih rapi Tempelkan semua gambar yang dibutuhkan pada potongan-potongan kecil (seperti gambar disamping) |
|
|
Setelah bahan sudah siap.
Tempelkan semua bahan pada dasar media yang telah disiapkan sebelumnya Media siap digunakan § Sebelah kiri: terdapat materi matematikan tentang nama dan lambang bilangan § Di bagian atas media terdapat materi PKN tentang lambang dan bunyi sila-sila pancasila § Sebelah kanan: materi bahasa indonesia tentang ciri benda hidup § Di tengah tempat untuk siswa mencoba mengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup § Wadah samping kiri kanan terdapat latihan yang digunakan untuk diskusi bersama |
|
Terimakasih
Wassalamualaikum Wr. Wb.







Tidak ada komentar:
Posting Komentar